Sriwijaya Air Jatuh, Berikut 5 Kecelakaan Pesawat di Dunia Sepakbola

Suara.com – Pesawat Sriwijaya Air rute Jakarta-Pontianak dilaporkan jatuh di kawasan Kepulauan Seribu, Jakarta, setelah sempat hilang kontak pada pukul 14.40 WIB, Sabtu (9/1/2021).

Kecelakaan pesawat tak hanya terjadi pada penerbangan komersial. Dunia olahraga, khususnya sepakbola juga tak lepas dari bencana yang kerap menewaskan banyak nyawa tersebut.

Menyadur New York Times, Sabtu (9/1/2021), setidaknya terdapat lima kecelakaan pesawat yang menima tim-tim sepakbola dari berbagai belahan dunia. Semuanya terjadi di atas tahun 1940.

1949 – Torino

Baca Juga: Jadwal Liga Italia Pekan ke-17, Ada Duel Milan vs Torino dan Roma vs Inter

Sebuah pesawat Fiat yang membawa 31 orang menabrak puncak gunung di luar Turin, Italia, pada 4 Mei, menewaskan 22 anggota Torino.

Kecelakaan itu mengguncang negara dan ibu kota wilayah Piedmont di Italia utara tersebut. Padahal, Torino saat itu dianggap sebagai salah satu yang terbaik di masanya.

Kecelakaan itu dianggap sebagai salah satu tragedi terburuk dalam sejarah olahraga Italia. Efek psikologis pada sepak bola Italia terasa begitu kuat. Bahkan, ada buku berjudul “The Day Italian Football Died” yang merinci kecelakaan itu

1958 – Manchester United

Supoter Manchester United datang ke Old Trafford untuk memeringati tragedi “Munich Air Disaster” saat tim Setan Merah mengalami kecelakaan pesawat pada 6 Februari 1958. [Dok. AFP]

Pada 6 Februari, sebuah pesawat yang membawa tim Manchester United jatuh saat lepas landas dari bandara Munich. Dari 44 orang di dalamnya, 23 meninggal, termasuk delapan pemain dan delapan jurnalis.

Baca Juga: Usai Napoli vs Torino, Gattuso Ungkap Penyakitnya: Tenang, Saya Masih Hidup

Untuk memperingati kecelakaan tersebut, sebuah jam di stadion Old Trafford di Manchester dibekukan pada pukul 15:04, saat terjadi kecelakaan.

  • «
  • 1
  • 2
  • 3
  • »