Laku Keras, Cyberpunk 2077 Terjual Lebih dari 13 Juta Kopi

Suara.com – Game Cyberpunk 2077 tercatat berhasil terjual hingga 13 juta kopi. Angka tersebut adalah hasil penjualan bersih, di luar permintaan pengembalian dana atau refund akibat adanya masalah pada game tersebut setelah diluncurkan.

“Penjualan ini didasarkan angka penjualan pertama dikurangi semua permintaan pengembalian dana dari perusahaan,” jelas CD Projekt selaku pengembang Cyberpunk 2077, dikutip dari Bloomberg, Rabu (23/12/2020).

Menurut CD Projekt, angka tersebut telah mewakili perkiraan volume penjualan ritel di semua platform konsol game, baik itu game dalam bentuk fisik (kaset) ataupun digital.

Tiga belas juta kopi ini juga merupakan setengah dari total perkiraan penjualan selama 12 bulan dalam survei terhadap sembilan analis game. Riset ini juga dilakukan sebelum Sony memutuskan untuk menghapus game tersebut dari PlayStation Store.

Baca Juga: Microsoft Store Tampilkan Label Peringatan di Game Cyberpunk 2077

Sebelumnya, Cyberpunk 2077 memiliki lebih dari 8 juta pre-order sebelum memulai debutnya pada 10 Desember lalu. Namun sayang, banyak pengguna protes dan mengajukan permintaan pengembalian dana karena banyaknya bug dan kinerja buruk dalam game.

Meski begitu angka 13 juta kopi menjadikan Cyberpunk 2077 sebagai salah satu game terlaris tahun ini. Game terbesar terakhir dari CD Projekt, The Witcher 3: Wild Hunt, telah terjual lebih dari 28 juta di semua platform.

Mengutip The Verge, untuk bisa masuk ke 50 besar game sepanjang masa, Cyberpunk 2077 hanya perlu menjual lebih dari 19 juta kopi untuk mengalahkan Super Mario Bros 3. Penjualan game tersebut diperkirakan bisa jauh lebih tinggi apabila pengembang mampu memperbaiki lebih banyak bug dalam game nantinya.