Mahasiswa KKN UIN Walisongo Bersama Bank Sampah Tanam 800 Bibit Pohon

Suara.com – Mahasiswa KKN Regular DR ke–75 UIN Walisongo melakukan penanaman 800 bibit pohon untuk penghijauan sekitar jalan menuju desa di sekitaran jalan tol pada Minggu (15/11/2020)

Penanaman ini di selenggarakan dengan maksud untuk melakukan penghijauan di Desa Bringin Rt 1 dan 2 Rw VII kelurahan Tambakaji Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang. Kegiatan ini di mulai dari pukul 07.30 – 10.00.

Salah satu warga sekitar Nur Aini Fitria mengatakan “jenis bibit pohon yang di tanam hari ini ada sengon 200 batang, Mahoni 75 batang, Trembesi 100 batang, Kelor 50 batang, Sirsak 25 batang, Jambu biji 25 batang, Petai 25 batang, Ketapang Kencana 75 batang, Tabebya 75 batang, Pucuk merah 100 batang, Kesambi 50 batang. 800 pohon ini akan di tanam di sekitar pinggir jalan menuju pemukiman warga.”

Kegiatan penanaman pohon ini bekerja sama dengan Bank Sampah Sami Aji dan Balai Sertifikasi Dan Perbenihan Tanaman Hutan sebagai pihak penyalur bibit.

“Di samping melakukan penanaman pohon kita juga bersama – sama membersihkan  jalan menuju pemakaman, dan dilanjutkan dengan makan – makan bersama, yang bertujuan untuk mempererat rasa kekeluargaan dan kerjasama antar warga.” Imbuh Aini   

Salah satu proses penanaman bibit pohon kesambi di desa Bringin Tambak Aji.

Sasaran lokasi penghijauan yaitu di sekitar pinggir jalan yang masih gersang, agar nantinya ketika sudah besar pohon – pohon tersebut dapat menghindari dampak pemanasan global dan membawa efek baik bagi udara segar di sekitar desa tersebut.