Imbas Kepulangan Habib Rizieq, Rute TransJakarta Dialihkan dan Diperpendek

Suara.com – Kepulangan pentolan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab disambut massa pendukungnya yang membludak di kawasan Jalan KS Tubun, Jakarta Barat. Hal ini juga berimbas pada layanan transportasi bus TransJakarta.

Direktur Operasional PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) Prasetia Budi pihaknya terpaksa melakukan rekayasa rute di kawasan itu. Ada sejumlah rute yang dialihkan dan diperpendek.

Selain kepulangan Rizieq, rekayasa rute juga dilakukan karena adanya unjuk rasa di kawasan Patung Kuda, Monas, Jakarta Pusat.

“Penutupan jalan di kawasan KS. Tubun, Jakarta Barat dan kawasan Monas, Jakarta Pusat berimbas pada layanan operasional Transjakarta yang dilakukan modifikasi berupa pengalihan dan perpendekan rute,” ujar Prasetia kepada wartawan, Selasa (10/11/2020).

Baca Juga: Dikira Kasar dan Pemarah, Petinggi MUI Curhat Rekannya Salah Menilai Rizieq

Ia mengatakan, modifikasi rute ini diberlakukan agar Transjakarta tetap bisa memobilitas masyarakat yang tetap harus beraktivitas.

“Namun, tetap dihimbau untuk selalu berhati-hati dan mengutamakan keselamatan diri sendiri dan keluarga,” jelasnya.

Dalam rekayasa rute armada ini, pihak TJ juga berkoordinasi dengan Polda Metro Jaya guna memastikan keamanan pelanggan, petugas di lapangan dan keberlangsungan operasional Transjakarta hari ini.

“Layanan akan kembali normal apabila kondisi sudah kondusif serta dapat dilintasi armada bus,” pungkasnya.

Berikut rute bus Transjakarta yang dimodifikasi:

Baca Juga: Imbas Aksi Simpatisan Jemput Rizieq, Fasilitas di Bandara Soetta Rusak

1. Koridor 1 (Blok M – Kota)
-Mengalami pengalihan rute untuk kedua arah dan untuk sementara tidak melewati halte Monas dan Bank Indonesia