IHSG Hari Ini Berpotensi Menguat Meski Marak Sentimen Negatif

Suara.com – Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada Rabu (16/9/2020) ini diprediksi akan berbalik menguat meski pada Selasa kemarin ditutup terkoreksi 1,18 persen di level 5.100.

Analis Binaartha Sekuritas, M Nafan Aji Gusta Utama melihat, berdasarkan indikator, MACD telah membentuk pola dead cross di area positif. Sementara itu, Stochastic dan RSI berada di area netral.

Meskipun demikian, pergerakan IHSG telah menguji garis MA 60 sehingga berpotensi akan mengalami penguatan.

“Berdasarkan rasio fibonacci, support dan resistance berada pada 4.975 hingga 5.233,” ujar Nafan dalam riset hariannya, Rabu (16/9/2020).

Sementara itu, Director PT Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya mengamati, pola gerak IHSG saat ini sedang melalui fase konsolidasi wajar pasca mengalami kenaikan pada hari sebelumnya, gelombang tekanan masih terlihat belum akan berakhir.

Sedangkan, sentimen dari fluktuasi nilai tukar Rupiah serta harga komoditas masih akan turut mewarnai pergerakan IHSG hingga beberapa waktu mendatang.

“Hari ini IHSG berpotensi bergerak dalam rentang terbatas,” kata Wiliam.

Adapun sejumlah rekomendasi saham yang dapat menjadi pertimbangan investor, diantaranya ASII, ITMG, ROTI, AALI, WIKA, ASRI, SRIL, BMRI, BJBR, ERAA, EXCL, GGRM, INDF, ISAT.