Tujuh Bahan Alami Mengobati Asam Lambung, Mudah dan Murah!

Suara.com – Obat asam lambung memang sudah banyak di pasaran, tetapi jika Anda mengurangi bahan kimia maka bisa mengobati keluhan tersebut dengan bahan herbal.

Malansir dari Healthline, asam lambung sendiri terjadi ketika asam lambung berbalik arah dan kembali ke kerongkongan. Hal tersebut akan mengakibatkan nyeri ulu hati atau heartburn

Dialihbahasakan dari NDTV, berikut adalah beberapa obat asam lambung herbal yang dianggap manjur dan mudah didapatkan, antara lain:

1. Daun Basil

Sifat menenangkan dan karminatif daun basil dapat memberi Anda bantuan instan dari asam labung.  Caranya, Anda perlu makan beberapa daun basil atau rebus 3-4 daun basil dalam secangkir air dan biarkan mendidih selama beberapa menit.

Baca Juga: Cara Mengobati Asam Lambung di Rumah dengan Ramuan Herbal

Menghirupnya juga bisa jadi salah satu solusi obat asam lambung rumahan. 

2. Kayu Manis

Bumbu sederhana ini berfungsi sebagai antasid alami untuk keasaman lambung dan dapat menenangkan perut Anda. Kayu manis juga bisa meningkatkan pencernaan dan penyerapan.

Baca Juga: Tetap Enak Dikonsumsi saat Sahur, Ini 5 Minuman untuk Cegah Asam Lambung

Untuk mengatasi asam lambung, cobalah minum teh kayu manis untuk menyembuhkan infeksi di saluran pencernaan. Kayu manis adalah pembangkit tenaga nutrisi dan sarat manfaat kesehatan.

3. Cengkeh

Cengkeh bersifat karminatif, sehingga mencegah pembentukan gas di saluran pencernaan. Tambahkan cengkeh saat memasak makanan seperti kacang merah  yang cenderung menyebabkan perut kembung.

Anda bahkan dapat memakan cengkeh dan kapulaga yang dihancurkan (dicampur dalam jumlah yang sama) untuk mengobati asam lambung dan menghilangkan bau mulut.

4. Biji Jintan

Biji jintan berfungsi sebagai penetral asam, membantu pencernaan, dan meredakan sakit perut. Hancurkan sedikit biji jintan bakar, aduk ke dalam segelas air dan minumlah setelah makan.

Ilustrasi konsumsi jahe. [shutterstock]

5. Jahe

“Jahe memiliki sifat pencernaan dan anti-inflamasi yang sangat baik”, kata Dr. Ahuja dari Fortis Hospital India.

Untuk membantu menetralkan asam lambung, Anda bisa mengunyah seiris jahe segar atau sesendok jus jahe dua-tiga kali sehari. Anda juga bisa minum jahe yang telah direbus dengan air mendidih. 

6. Pisang

Pisang mengandung antasida alami yang dapat bertindak sebagai penyangga terhadap refluks asam. Pisang adalah obat rumah paling sederhana untuk menghilangkan keasaman pada lambung. 

7. Air Kelapa

“Ketika Anda minum air kelapa, pH asam tubuh Anda berubah menjadi basa,” tambah Dr. Ahuja.

Air kelapa juga membantu menghasilkan lendir di perut  yang melindungi dari efek berbahaya produksi asam yang berlebihan. Karena kaya akan serat, air kelapa membantu pencernaan dan mencegah munculnya kembali asam lambung.