Air Kelapa VS Santan Kelapa, Mana yang Lebih Bergizi dan Menyehatkan?

Suara.com – Air Kelapa VS Santan Kelapa, Mana yang Lebih Bergizi dan Menyehatkan?

Kelapa adalah salah satu buah yang memiliki sejuta manfaat bagi tubuh. Mulai dari air, daging buah, minyak hingga santan, semuanya sehat dan harus dimasukkan dalam makanan sehari-hari.

Di antara bagian kelapa, air kelapa dan santan kelapa kerap dikonsumsi sebagai minuman. Meski tampilannya hampir mirip, namun sebenarnya keduanya sangat berbeda dan memiliki nilai gizi yang berbeda pula.

Nah sebelum kamu mengonsumsi kedua, ketahui dulu yuk perbedaan air kelapa dan santan kelapa, serta mana yang lebih menyehatkan di antara keduanya? Berikut penjelasannya dilansir Pinkvilla.

1. Air kelapa

Air kelapa terlihat memang seperti air biasa, namun memiliki rasa yang khas yang berasal dari pusat buah kelapa. Kamu dapat membelah kelapa dan meminumnya secara langsung.

Rasanya sedikit manis dan asam, serta sangat rendah kalori. Air kelapa merupakan salah satu sumber nutrisi terbaik karena dikemas dengan kalium, natrium, kalsium, seng, dan magnesium. Karena sangat rendah kalori, minuman ini juga kerap digunakan untuk membantu penurunan berat badan.

Selain itu, air kelapa merupakan sumber hidrasi yang cocok untuk memuaskan dahaga daripada hanya air biasa karena merupakan alternatif yang bergizi dan menyegarkan.

Ilustrasi air kelapa. [Shutterstock]

Sifat anti-inflamasi dari air kelapa juga sangat baik untuk kulit kita. Ini menjaga kulit dari jerawat, ruam hingga peradangan ringan. Itulah sebabnya kita akan sering melihat air kelapa dalam produk perawatan kulit.

Bukan cuma itu, air kelapa juga bisa dikomsumsi sesering mungkin jika kami mengalami masalah pencernaan, karena mengandung serat dan kandungannya menormalkan aktivitas usus dan metabolisme. Bahkan pasien tekanan darah harus sering minum air kelapa, berkat kandungan potasiumnya.

Selanjutnya: Santan Kelapa