Berpenampilan Lusuh hingga Viral di Medsos, Sosok Ini Ternyata…

Suara.com – Viral di media sosial, foto sesosok laki-laki berpenampilan antimainstream yang santer disebut-sebut warganet sebagai seorang kiai.

Foto tersebut salah satunya dibagikan oleh akun Instagram @ndorobeii, Kamis (28/5/2020) dan seketika menuai perbincangan.

Dalam sebuah unggahan, tampak laki-laki bertelanjang dada tengah berjongkok di halaman terbuka sembari memegang rokok. Rambutnya terlihat gimbal, jauh dari kesan terawat.

Sementara dalam unggahan lainnya, laki-laki itu terlihat disalami oleh dua orang yang disebut sebagai santri.

Dalam narasinya, akun @ndorobeii lantas mengungkap siap sosok laki-laki yang membuat penasarant tersebut.

Dia adalah Kiai Haji Mustofa dari Desa Buker, Kecamatan Jrengik, Kabupaten Sampang, Jawa Timur.

“Mungkin ada yang sudah ketemu beliau. Sesuatu yang tak bisa diterima akal orang biasa, sepintas beliau dianggao itu orang gila oleh kebanyakan orang (nalar tak sampai). Beliau adalah Kiai Haji Mustofa Desa Buker, Kec, Jrengik, Kab. Sampang. Lagi rame dibicarakan,” tulisnya seperti dikutip Suara.com.

Sosok pria disebut-sebut sebagai kiai. (Instagram/@ndorobeii)

Tak pelak, potret Kiai Haji Mustofa tersebut menuai perhatian warganet lantaran penampilannya dinilai kontras dengan tokoh agama lainnya.

Bahkan akun @cuilan.rengginang lantas menyamakan sosok tersebut dengan Gus Jafkar yang tak lain adalah kiai nyentrik asal Pasuruan. Dia merupakan putra pengasuh Pondok Pesantren Shafinul Mustaqim, Kiai Saleh.

“Di Pasuruan Jatim juga ada. Namanya Gus Ja’far, beliau dihormati oleh banyak orang meskipun penampilannya kayak orang gila,” tulisnya.

Adapun warganet lain menuliskan komentar bahwa, Kiai Haji Mustofa dikenal sebagai Wali Majdub di pesantrennya.

Sosok pria disebut-sebut sebagai kiai. (Instagram/@ndorobeii)

Wali Majdub sendiri merupakan tingkatan wali paling kecil. Wali tersebut biasanya memiliki sifat nyeleneh, bahkan dikatakan seperti orang yang kehilangan akal.

“Dapat info dari teman di pesantren, beliau ini wali majdub. Buat anak pesantren pasti tau dan pasti akan mengedepankan adab daripada akalnya. Beliau memang terlihat seperti orang tidak waras tapi tingkatan kesholehan beliau jangan ditanya lagi, semoga membantu ndoro,” kata @imyspsp.

Sementara warganet lainnya justru meragukan sosok dalam unggahan tersebut sebagai kiai.

“Ulama ulama S3 kairo dan madinah ilmu tinggi ga kaya gini. Realistis lah,” tulis @fawqazfaruqi.

“Bisa dites psikologi..Terkadang +62 mudah dikelabui. Hanya karena kisah dongeng kepercayaan mitos dll,” kata @muhammdazmi17.