Bangkitkan Industri Wisata, Turki Luncurkan Sertifikasi Pariwisata Sehat

Suara.com – Bangkitkan Industri Wisata, Turki Luncurkan Sertifikasi Pariwisata Sehat

Jatuhnya industri wisata karena pandemi virus Corona Covid-19 juga dirasakan oleh Turki. Untuk itu, mereka menyiapkan sertifikasi pariwisata sehat sebagai modal menghidupkan lagi industri wisata.

Dilansir Anadolu Agency, Turki mengumumkan bahwa mereka akan meluncurkan program sertifikasi pariwisata sehat pada musim panas mendatang.

Dokumen yang akan diberikan oleh lembaga sertifikasi internasional ini akan menunjukkan pemenuhan standar kesehatan dan kebersihan di maskapai penerbangan, bandara, tempat penginapan, dan restoran.

Menurut Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata, Turki berupaya mendorong semua pemangku kepentingan di sektor pariwisata untuk mewujudkan wisata sehat melalui program ini.

Masjid Sulaimaniyah di Turki. (Shutterstock)

“Program sertifikasi akan memastikan wisatawan dapat menikmati liburan yang aman, nyaman, dan higienis selama kunjungan mereka,” kata Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Mehmet Nuri Ersoy.

Ersoy menambahkan bahwa program ini akan mencakup langkah-langkah pencegahan dan perlindungan termasuk transportasi udara, laut dan darat, pelabuhan kedatangan dan semua fasilitas liburan, serta kondisi kesehatan karyawan dan wisatawan itu sendiri.

Kementerian berencana mulai menerapkan proses sertifikasi untuk hotel bulan ini, dan fasilitas yang bersertifikasi akan terdaftar secara online per 1 Juni. Menteri menganggap program ini adalah bukti bahwa Turki menjadi perintis dalam normalisasi pariwisata.

“Kami akan mendorong seluruh fasilitas transportasi dan akomodasi kami untuk mengambil semua tindakan pencegahan,” imbuh dia.