Vikaris Paus Fransiskus Dinyatakan Positif Virus Corona Covid-19

Suara.com – Kardinal Angelo De Donatis (66), Vikaris Jenderal Paus Fransiskus untuk Keuskupan Roma, dinyatakan positif terinfeksi virus corona Covid-19.

Vatikan memastikan, De Donatis tak memunyai riwayat bertemu Paus Fransiskus dalam jangka masa inkubasi virus tersebut, yakni 14 sampai 28 hari terakhir.

Dilaporkan oleh Vaticannews.va, kardinal yang bertugas sebagai wakil Paus Fransiskus di Keuskupan Roma itu tengah dirawat di dirawat di Rumah Sakit Gemelli, Roma, Italia sejak 31 Maret 2020.

Angelo De Donatis mengalami demam, tetapi kondisinya secara umum baik, dan dia telah mulai menjani terapi antivirus.

“Saya juga mengalami cobaan ini, saya merasa damai dan percaya diri. Saya mempercayakan diri saya pada Tuhan dan pada doa kalian semua, umat Roma yang terkasih. Saya mempersembahkan doa saya untuk mereka, untuk seluruh komunitas keuskupan, dan orang-orang di kota Roma” kata De Donatis dikutip Suara.com dari Vaticannews.va, Rabu (1/4/2020).

Menurut catatannya, Vikaris Jenderal De Donatis tidak pernah mengunjungi Vatikan dalam beberapa hari terakhir, komunikasi dengan Paus Fransiskus hanya melalui telepon.

Paus Fransiskus sendiri telah melakukan tes virus corona dan hasilnya negatif.

Namun, ada beberapa orang di Roma yang sempat kontak dengan De Donatis sehingga juga turut dikarantina untuk mencegah penyebaran virus.

Selain De Donatis, terdapat enam pasien Covid-19 lain di Vatikan.

Pekan lalu, Vikaris Apostolik Vikariat Ethiopia Saleso Angelo Moreschi meninggal akibat Covid-19. Dia menjadi uskup pertama di dunia yang meninggal akibat virus tersebut.